Daftar Harga Tanah di Tolikara 2021

Harga Tanah di Tolikara

Jaman sekarang kebanyakan orang yang tidak gampang untuk memiliki hunian sendiri . Apalagi sekarang ini harga tanah di Tolikara sudah mulai naik.

Jangankan tempat tinggal, untuk memiliki lahan di daerah Tolikara yang akan digunakan untuk membangun tempat tinggal tidak banyak yang dapat membelinya. Padahal waktu orang tua kita dulu walaupun pendapatannya sedikit mampu memiliki paling tidak sepetak lahan baik lahan pertanian , lahan perkebunan ataupun lahan pekarangan.

Hanya sedikit orang yang mungkin memang kaya karena orang tuanya memiliki tanah yang luas dimana mana , sehingga dapat mewarisi kekayaan tersebut. Di Tolikara cuma sedikit orang yang dilahirkan kaya dari lahir karena orang tuanya memiliki tanah yang luas diberbagai tempat. sehingga dapat mewarisi kekayaan tersebut. Bersyukur ya gaes yang diberi nasib baik itu.

Alasan Investasi Tanah di Tolikara

Tau gak kalian kalau Tanah itu salah satu barang bernilai , dan bisa katakan menjadi investasi yang tidak akan turun nilainya. Jadi untung kalau kalian menginvestasikan kekayaannya untuk membeli tanah. oleh karena itu tidak sedikit orang kaya yang akhirnya menjadikan harta kekayaannya melalui investasi tanah.

Apakah kalian salah satu penduduk Tolikara yang juga sedang mencari informasi tentang harga tanah di Tolikara ?. Kalau iya kalian tepat membaca info ini. Karena  tulisan ini akan menyajikan informasi tentang Harga Tanah di Tolikara yang tepat untuk dijadikan referensi kalian sebelum memutuskan membeli tanah.

Oh ya Gaes ,. Sebelum ke info harga Tanah di Tolikara, kalian harus mengerti dulu nih tipe tanah yang bisa dijadikan investasi yang menguntungkan . dibawah ini merupakan kategori tanah di area Tolikara yang wajib kalian mengerti dulu.

Tipe Tanah di Tolikara Yang Dapat di Jadikan Investasi

1.         Tanah Sawah

Sawah biasanya ada di tempat terpencil yang jauh dari kota . Sawah merupakan sumber pendapatan bagi para petani yang memilikinya, karena dimanfaatkan untuk penanaman Kebutuhan pokok warga Tolikara. Dengan mempunyai Sawah kalian selain punya investasi yang nilainya tidak akan turun juga kalian dapat menggunakan sebagai lahan untuk bercocok tanam. Bisa menanam padi ataupun palawija disesuaikan dengan area masing-masing.

Jadi Kalau kalian memiliki tanah sawah bersyukurlah, karena kalian bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari setiap kali panen . 

Meskipun dapat dipakai untuk membuat ruko , tapi akan susah mengurusnya karena dianggap daerah hijau atau area yang dilarang untuk di bangun rumah. Meskipun jaman sekarang banyak sekali penawaran tanah kavling yang asalnya dari tanah sawah ya gaes. Jadi kalian perlu hati-hati kalau mau membeli tanah kavling yang dari sawah.

2.         Tanah Perkebunan

Tidak jauh beda dengan Sawah, Tanah Perkebunan juga memiliki nilai investasi yang tidak akan rugi . Hanya saja Tanah perkebunan biasa dipakai untuk penanaman  kebutuhan sekunder seperti durian atau tanaman lainnya yang membutuhkan waktu panen lebih lama dari padi dan palawija. walaupun demikian mempunyai tanah perkebunan sangat disarankan .

3.         Tanah Kosong / Pekarangan

kalian kalian pernah melihat di sebelah rumah masyarakat ada tanah kosong ataupun tidak terpakai , coba cari informasinya barangkali tanah tersebut akan di jual. Karena memiliki Tanah Kosong / Pekarangan yang sudah ada di pemukiman adalah investasi yang tidak kalah menggiurkan. Bagaimana tidak, setiap tahun harganya pasti akan naik , kalian tidak perlu merawat atau maintenance pun harganya tetap akan naik . Karena Tanah Kosong yang berlokasi didekat dengan pemukiman bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah, kost , atau kontrakan jika lokasinya di daerah pemukiman yang padat penduduk.

4.         Tanah Kavling

Di Daerah Tolikara, khususnya di perkotaan biasanya yang di cari adalah tanah kavling, kenapa? Karena tempat yang strategis berpengaruh pada harga tanah akan naik berkali kali daripada  tempat yang di area Tolikara jauh dari keramaian . Terlebih karena lahan kosong sudah sangat jarang sekali , jadi kalau ada yang mempunyai tanah kosong mereka biasanya akan mem petak petakan tanah tersebut dengan ukuran-ukuran tertenu yang nantinya sipembeli tanah biasanya akan membangun rumah. Dan akan menjadi komplek perumahan yang strategis untuk hunian ataupun bisnis.

Gimana, apakah sudah ada gambaran mau beli tipe tanah apa nantinya? Kalau Sudah simak untuk referensi atau gambaran mengenai Harga Tanah di Tolikara berikut ini :

Perkiraan Harga Tanah di Tolikara 2021 :

JENIS TANAHHARGA TERENDAH / m2HARGA TERTINGGI / m2
SAWAHRp 33.000Rp 445.000
PERKEBUNANRp 40.000Rp 720.000
LAHAN KOSONG / PEKARANGANRp 546.000Rp 3.500.000
KAVLINGRp 200.000Rp 3.700.000

Harga itu adalah perkiraan berdasarkan lokasi, dimana untuk harga paling rendah adalah yang berlokasi di Tolikara jauh dari kota atau pedesaan yang akses nya mungkin masih sulit dan jauh dari perkotaan. Sedangkan untuk harga tertinggi berdasarkan lokasi di Tolikara Pusat atau perkotaan yang sudah padat penduduk.

Pertimbangkan Sebelum Membeli Tanah di Tolikara

Kalian dapat memilih pengin investasi di area mana, jika mempunyai cukup uang sebaiknya cari tanah yang lokasinya strategis yaitu di daerah pusat atau perkotaan, walaupun harganya jauh lebih tinggi, tapi terjamin dengan kemungkinan nilai investasi masa depan.

Tapi jika kalian minim dana perlu dicoba juga memilih daerah yang jauh dari keramaian untuk investasi, karena kedepannya pasti harganya akan tetap naik, jadi gak ada yang perlu di risaukan ya gaes. Sesuaikan saja dengan tabungan kalian sekarang, yang jelas dibandingkan untuk membeli benda yang nantinya mengalami penurunan nilai seperti kendaraan, kalau saran dari bung kus sih mending investasi tanah baik sawah, perkebunan ataupun kavling.

Keuntungan Investasi Tanah Di Tolikara

Biar tambah jelas, berikut ini keuntungan dan kelebihan investasi tanah daripada investasi yang lain:

1.            Harga Tanah di Tolikara Cenderung akan naik

Sebagian sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa harga tanah hampir pasti akan naik setiap tahunnya.

2.            Sebidang tanah kosong memiliki banyak manfaat

Kalian dapat menggunakan tanah kosong untuk menanam buah2 an atau tanaman lainnya yang dapat dijual dan menghasilkan.

3.            Tidak membutuhkan perawatan khusus

Kalau kalian agak malas , meskipun tidak di maintenance tanah tetap naik terus harganya.

4.            Tidak ada resiko kehilangan

Selama izinnya jelas dan surat2 nya lengkap kalian simpan dengan baik, saya jamin deh itu tanah gak akan hilang .

5.            Tanah bisa dijual dengan gampang atau dijadikan kavling

Menjual tanah pada saat ini sangat mudah gaes, apalagi kalau kalian bisa menjadikan kavling sudah pasti cuannya berkali kali lipat loh.

6.            Tidak ada persaingan

Persaingan dalam jual tanah kayaknya tidak ada gaes, karena tidak ada yang khusus menjual tanah, kalau ada itu hanya calo. Ditambah minat untuk investasi sekarang meningkat, sudah pasti jadi rebutan.

Untuk dapat berinvestasi tanah yang menguntungkan sebaiknya pastikan   juga hal berikut ya gaes, agar tidak ada permasalahan di kemudian hari.

Syarat Tanah Yang Dapat Dijadikan Investasi

 Nah yang terakhir sebelum kalian memutuskan membeli tanah di Tolikara alangkah baiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

1.            Legalitas Lengkap

layaknya membeli property rumah atau bangunan, tanah juga mempunyai badan hukum. Kalian dapat memeriksa legalitas tanah yang akan kalian beli dari status tanah dan landasan hukumnya, seperti sertifikat Tanah.

Kalian bisa memakai jasa Notaris untuk memeriksa legalitas tanah yang akan di beli. Setelah yakin, kalian bisa mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM) .

2.            Area Strategis

Tanah yang berada di lokasi strategis akan lebih cepat naik harganya daripada daerah yang kurang strategis. Lokasi Strategis bisa dilihat dari lingkungan yang paling dekat, apakah dekat dengan perkotaan, pemukiman atau industri. Sehingga kedepannya bisa kalian manfaatkan untuk membangun ruko atau tempat bisnis lainnya.

Itulah Informasi mengenai Harga Tanah di Tolikara Terbaru yang bisa disampaikan, pastinya harga akan terus berubah seiring bertambahnya waktu.